Website Resmi MAN 3 Bantul

Reva Alvenia, Ketua OSIM MAN 3 BantulL Bertugas pada HUT Pramuka KE – 61 Kwarcab Bantul

by Admin 02 September 2022

Bantul (MAN 3 Bantul) - Turut memeriahkan HUT Pramuka ke-61 yang diselenggarakan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bantul, MAN 3 Bantul mengirim dua peleton pramuka Penegak sebagai wakil dari Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Pleret untuk mengikuti apel besar peringatan. Apel besar peringatan HUT Pramuka ke-61 Kwarcab Bantul diselenggarakan di Lapangan Trirenggo, depan Kantor Bupati Bantul pada hari Selasa, 30 Agustus 2022 pukul 07.00 – 11.00. Dua peleton pramuka Penegak yang dikirim MAN 3 Bantul terdiri dari 1 peleton pramuka penegak putra Ambalan Senopati gugus depan 07005 dan 1 peleton pramuka penegak putri Ambalan Dewi Sartika gugus depan 07006. Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Muhammad Yasin, M.Pd  beserta tiga  guru pembina pramuka (Sumpono, S.Pd., Budi Priyono, S.Pd dan Sinta Dewi Purwati, S.Pd) turut mengikuti Apel besar Peringatan HUT pramuka ke-61 bersama kedua peleton pramuka Penegak pangkalan MAN 3 Bantul ini. 

Selain kedua peleton pramuka penegak dari MAN 3 Bantul, ada 3000 peserta apel besar lain yang berasal dari 17 kwartir ranting se-Kabupaten Bantul. Bupati Bantul, H. Abdul Muslih menjadi Pembina pada apel besar peringatan HUT Pramuka ke-61 ini. Pada apel besar ini, Bupati Bantul juga mengukuhkan 7 orang pramuka garuda tingkat penggalang yang baru lepas mengikuti JAMNAS (jambore nasional) kemarin di Cibubur Jawa Barat pada 19-22 Agustus kemarin.
Pada kesempatan peringatan HUT Pramuka ke-61 di Kwarcab Bantul tahun ini, salah satu anggota Pramuka Ambalan Dewi Sartika pangkalan MAN 3 Bantul, dipercayai menjadi petugas pembaca Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Reva Alvenia, mantan Pramuka Garuda yang kini juga menjabat Ketua OSIS MAN 3 Bantul, tampil percaya diri membacakan Pembukaan UUD 1945 tanpa membaca teks. Reva telah berlatih keras sejak beberapa hari sebelumnya. Pada hari Senin tanggal 29 Agustus 2022, Reva mengikuti latihan terakhir atau gladi mulai pukul 15.00 sampai 18.00. 

Bertugas sebagai Pengucap UUD 1945, Reva mengaku sangat bangga bisa tampil dengan percaya diri di depan seluruh teman teman Anggota Pramuka dari mulai tingkat Siaga sampai Pandega se-kabupaten Bantul. Reva senang sekali bisa ikut serta bertugas menggemakan HUT PRAMUKA KE 61 ini. Apalagi pelaksanaan apel besar HUT PRAMUKA ke 61 ini diikuti anggota pramuka dari berbagai kapanewon yang sangat antusias mengikuti Apel Besar. Reva juga senang dapat menyaksikan beberapa penampilan/unjuk keterampilan rekan-rekan pramuka lain, seperti unjuk keterampilan dasar kemiliteran dari Saka Wira Kartika dan Drumband dari STTKD. Reva berharap pada kesempatan berikutnya penegak dari ambalan Senopati serta ambalan Dewi Sartika juga dapat memperoleh kesempatan untuk unjuk bakat/keterampilan. (sal)