Website Resmi MAN 3 Bantul

MAN 3 Bantul Sukses Laksanakan ANBK Moda Online

by Admin 31 Agustus 2022

Bantul (MAN 3 Bantul) - MAN 3 Bantul sukses melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer pada Senin-Selasa, 29-30 Agustus 2022. Kesuksesan adalah buah dari perencanaan dan persiapan yang baik. Jauh sebelum hari-H pelaksanaan, MAN 3 Bantul telah melakukan serangkaian kegiatan persiapan di berbagai aspek, meliputi aspek siswa/peserta kegiatan, penyelenggara kegiatan dan infrastruktur. Seluruh siswa yang menjadi peserta ANBK masing-masing diwajibkan mengikuti dua kali kegiatan sosialisasi dan bimtek ANBK yang diampu para wali kelas, guru-guru Bahasa serta guru-guru Matematika. Meskipun tidak seintensif kegiatan bimbingan-bimbingan untuk Ujian Nasional seperti di masa lalu, tetapi bimtek ANBK tetap diperlukan untuk mengenalkan tipe-tipe soal ANBK dan menanamkan komitmen mengikuti ANBK, demikian menurut Sumarna M.Pd, wakil kepala bidang kurikulum sekaligus ketua panitia ANBK MAN 3 Bantul.

Sosialisasi ANBK juga disampaikan oleh Sumarna kepada orang tua siswa dalam acara Rapat Paguyuban Orangtua Siswa kelas XI. Dalam rangka mengenalkan aplikasi ANBK, seluruh siswa peserta juga diwajibkan mengikuti Gladi Bersih ANBK pada 22-23 Agustus 2022, seminggu sebelum ANBK Utama. Berkat kegiatan-kegiatan persiapan ini, tingkat kehadiran siswa dalam ANBK MAN 3 Bantul mencapai 100%. Empat guru SMAN 1 Pleret yang bertugas menjadi pengawas juga menyampaikan kekagumannya karena seluruh siswa peserta ANBK MAN 3 Bantul sangat tertib, santun, terlihat jujur dan sungguh-sungguh dalam mengerjakan instrument asesmen 

Adapun persiapan penyelenggara kegiatan meliputi pembentukan tim/panitia ANBK, beberapa kali rapat persiapan ANBK serta mengikuti Simulasi ANBK pada 8-9 Agustus 2022. Bertugas sebagai proktor utama ANBK MAN 3 Bantul adalah Evi Effrisanti, S.T.P., guru mapel Informatika yang juga dipercaya menjadi helpdesk (HD) ANBK jenjang MA Kabupaten Bantul. Karena memiliki 2 ruang asesmen, MAN 3 Bantul juga menugaskan Agus Sulistya, S.Pd. sebagai proktor kedua dan Slamet Riyadi, S.IP, (staf tata usaha) sebagai teknisi.

Adapun persiapan infrastruktur telah dimulai sejak bulan Juni melalui kegiatan perbaikan jaringan lokal, servis komputer dan peremajaan/penggantian beberapa komputer atau sparepart-nya. Kamad Syamsul Huda didukung Komite MAN 3 Bantul mempersilakan panitia ANBK untuk menyiapkan dan melakukan apa pun yang diperlukan agar ANBK berjalan baik. 

Sehari sebelum hari-H pelaksanaan, MAN 3 Bantul menyewa genset untuk mengantisipasi gangguan listrik. Kemudian, walaupun dalam setiap sesi hanya dibutuhkan 15 PC, MAN 3 Bantul menyediakan 1 PC cadangan untuk setiap PC, sehingga peserta dapat langsung berganti perangkat apabila perangkat yang digunakannya mengalami gangguan koneksi. Moda online yang dipilih MAN 3 Bantul dalam penyelenggaraan ANBK tahun ini memang memudahkan proktor dan panitia. Namun cukup berisiko dalam hal pengiriman data apabila terjadi gangguan listrik atau gangguan koneksi. 

Terdapat 3 peserta ANBK sesi 1 hari pertama yang sempat mengalami gangguan karena terjadi anomali pada server anbk-app-06 dan anbk-app-15 milik Kemdikbudristek. Ketiga peserta ini sabar menunggu hingga tim teknis pusat selesai memperbaiki gangguan pada ke-2 server tersebut pada pukul 12.30. Berkat kesabaran itu, ke-3 peserta dapat melanjutkan pengerjaan asesmennya tanpa harus mengulang di gelombang 2. Tim Monev ANBK Kemenag Bantul yang datang ke MAN 3 Bantul pada hari Selasa (hari ke-2 ANBK) menyampaikan apresiasi pada seluruh siswa peserta ANBK serta panitia ANBK MAN 3 Bantul atas keberhasilannya menyelenggarakan ANBK secara kondusif tanpa mengganggu jalannya KBM rutin. (eve)