Website Resmi MAN 3 Bantul

MAN 3 Bantul Ikuti Uji Validasi Instrumen AKMI-2022

by Admin 13 Agustus 2022

Bantul (MAN 3 Bantul) - Berdasarkan surat Ketua PMU REP-MEQR perihal Undangan Peserta Kegiatan Uji Validasi Instrumen AKMI (Expert Review), Kanwil Kemenag DIY menunjuk 9 madrasah di DIY untuk menjadi peserta uji validasi instrument AKMI tersebut, salah satunya adalah MAN 3 Bantul.

Kegiatan telah terlaksana dengan baik pada Senin-Selasa tanggal 8-9 Agustus 2022. Uji coba validasi instrument AKMI 2022 dilaksanakan secara full online. Kegiatan ini melibatkan seluruh siswa kelas XI, yang dibagi ke dalam 2 sesi. Masing-masing sesi terdiri dari 5 kelompok atau 5 ruang tes. Pada hari pertama, seluruh siswa mengerjakan subtes Literasi Membaca dan Literasi Numerasi. Sedangkan pada hari kedua, mengerjakan subtes Literasi Sains, LIterasi Sosial Budaya dan subtes Keunggulan.

Berdasarkan informasi awal kegiatan uji validasi instrument AKMI dapat dikerjakan menggunakan smartphone. Karena itulah, beberapa hari sebelum pelaksanaannya, panitia MAN 3 Bantul mendata siapa saja siswa kelas XI yang tidak memiliki atau tidak ada akses pada smartphone. Diperoleh data bahwa sejumlah kurang lebih 46 siswa tidak memiliki atau tidak punya akses pada smartphone, sehingga mereka ditempatkan di ruang 1 yaitu di laboratorium komputer. Adapun siswa-siswa lain, ialah siswa yang memiliki smartphone, ditempatkan di ruang 2, 3, 4, dan 5 yaitu di ruang-ruang kelas.

Namun demikian, berdasarkan laporan siswa serta hasil pantauan para pengawas ruang, jika kelak MAN 3 Bantul benar-benar diikutsertakan sebagai madrasah piloting uji AKMI, maka sebaiknya seluruh siswa difasilitasi dengan PC atau laptop. Soal-soal AKMI yang panjang-panjang dan banyak gambarnya cukup sulit dibaca hanya menggunakan smartphone.

Pada kegiatan ini, bertugas sebagai proktor adalah Evi Effrisanti, S.TP., dan sebagai pengawas ruang adalah Eka Rahmawati, M.Pd., Dra. Tri Atmini, Choir Rosyidi, S.S., M.Pd.I.  Rachmat Okta Ariyanto, S.Si., M.Pd. dan Reza Oky Iswiranto, S.Pd.. Seluruh petugas yang terlibat diwajibkan mengisi biodata, mengunggah dokumen kelengkapan, foto dokumentasi kegiatan dan laporan singkat pelaksanaan kegiatan pada aplikasi buatan komponen 2 PMU REP-MEQR.

Kegiatan Uji Validasi Instrumen AKMI di MAN 3 Bantul, pada hari pertama pelaksanaannya, mendapat kunjungan monitoring dari tim KSKK pusat. Arif Ridho, S.S. salah satu pengembang aplikasi andalan PMU REP-MEQR, berkunjung ke ruang 1 Uji Validasi AKMI MAN 3 Bantul didampingi JFT PTP Kanwil Kemenag DIY, ibu Anita Isdarmini, S.Pd., M.Hum. Pada kesempatan ini, bapak Arif menanyakan kesulitan-kesulitan dan kendala yang dihadapi terkait aplikasi dan soal-soal uji validasi instrument AKMI. (sal)