Website Resmi MAN 3 Bantul

Penarikan Mahasiswa PLP II UAD dari MAN 3 Bantul

by Admin 12 September 2022

Bantul (MAN 3 Bantul) – Sejumlah sebelas mahasiswa program Pengenalan Lapangan Persekolahan II (PLP II) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengikuti kegiatan penarikan di Ruang Aula MAN 3 Bantul, Sabtu (10/9/2022). Kegiatan ini merupakan akhir dari proram PLP II yang telah  dilaksanakan dari tanggal 12 Agustus 2022 sampai 10 September 2022 di MAN 3 Bantul.

Acara ini dihadiri oleh Kepala MAN 3 Bantul, Drs. Syamsul Huda, M.Pd., Dosen Pembimbing PLP II UAD, Afit Istiandaru, S.Pd.,M.Pd., Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Sumarna, M.Pd., dan jajaran Guru Pembimbing PLP II, serta mahasiswa dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Agama Islam (FAI) UAD. Dalam kegiatan ini, Kepala MAN 3 Bantul menekankan pentingnya kegiatan PLP II sebab kelak para mahasiswa akan menjadi guru sehingga perlu membekali diri dengan berbagai wawasan.

Program PLP II merupakan kegiatan yang berlangsung selama satu bulan dengan tujuan agar mahasiswa memiliki landasan jati diri pendidik yang kuat dan kompetensi akademik kependidikan yang mantap. Mahasiswa juga belajar praktik-praktik terkait persekolahan melalui kegiatan mengamati dan membersamai guru-guru MAN 3 Bantul saat mengajar, serta mengamati praktik-praktik persekolahan lainnya di MAN 3 Bantul.

Dengan demikian, diharapkan mahasiswa mendapat kesempatan melihat kondisi pelaksanaan pendidikan di madrasah yang sesungguhnya dan merefleksikannya dengan teori yang telah mereka dapatkan di bangku perkuliahan. Pelaksanaan PLP II tahun ini merupakan perwujudan kontribusi MAN 3 Bantul dalam peningkatan mutu mahasiswa FKIP dalam rangka penyiapan calon pendidik profesional

Kepala Madrasah, Drs. Syamsul Huda, M.Pd. berharap pengalaman yang didapat menjadi bekal mahasiswa. “Selamat bagi mahasiswa UAD yang telah melaksanakan PLP II di MAN 3 Bantul. Semoga ilmu dan pengalaman yang didapat selama melaksanakan PLP di MAN 3 Bantul dapat dijadikan bekal ke depan ketika para mahasiswa sudah benar – benar berperan sebagai pendidik di lingkungan madrasah/sekolah.” pesan Huda. (sal)